Event Organizer; Original Event Conceptor; Sport Challenge; Consultant Training & Support Team

SMP 1 Mranggen Juara Umum Popda DEMAK


SMP 1 Mranggen menjadi juara umum Pekan Olahraga Daerah (Popda) tingkat SLTP SeKabupaten Demak 2012. SMP tersebut mengoleksi 14 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu, jauh meninggalkan sekolah-sekolah lain.
Ke-14 medali emas itu, diperoleh dari cabang voli putra-putri (2 emas), sepak takraw (1), renang (3), senam artistik (1), atletik (3), bulu tangkis (2), dan bola basket (2 emas). Sedangkan perak dan perunggu dari cabang lain.
Kepala SMP 1 Mranggen, Dr Noer Indah Aprianti MPd menyatakan, atas hasil tersebut, SMP yang dipimpinnya tetap mempertahankan juara umum Popda Demak yang diraih sejak 2007. ’’Cukup berat mempertahankan juara umum Popda tahun ini. Tapi nuansa kompetitifnya masih seperti tahun lalu,’’ kata dia.
Prestasi juara umum Popda SLTP itu, diraih setelah di final cabang basket kemarin, tim putra dan putri SMP 1 Mranggen menundukkan lawan-lawannya. Di final putri, SMP 1 Mranggen melibas SMP 2 Demak, skor 21-1, sedangkan putranya mengalahkan SMP 2 Demak, 7-4.
Sementara itu, untuk juara umum Popda SD, dan SLTA hingga kemarin belum bisa diketahui hasilnya.
Menurut Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Kabupaten Demak, Gatot Santoso, pihaknya masih melakukan jurnal para juara di masing-masing cabang Popda. ’’Untuk Popda SD hasilnya sudah 80% tapi belum diketahui juara umumnya. Popda SLTA juga belum rampung direkap,’’ kata Wardoyo, dari bidang Pemuda dan olahraga Dispora.
Masalah Biaya Pada Popda Demak yang digelar 5-11 Maret 2012 ini, banyak sekolah-sekolah yang tidak mengirimkan atlet.
’’Alasan sekolah macam-macam. Ada yang persiapan try out ujian nasional (UN), dan ada pula persiapan midsemester sekolah. Maka otomatis sangat berpengaruh pada tingkat partisipasi,’’ kata Noer Indah.
Alasan lain, masalah biaya. Banyak sekolah di Demak terkendala biaya ikut Popda. Sebab, sangat tidak mungkin biaya untuk Popda diambilkan dari dana bantuan operasional sekolah (BOS). ’’Apalagi dana BOS mata anggarannya sudah ditentukan.’’ (F2-14) 
Powered by Pressmart Media Ltd
mcetak.suaramerdeka.com
13/03/2012